Oleh : Ustadz Abu Ubaidah Yusuf bin Mukhtar as-Sidawi
Dalam
sebuah majalah yang pernah penulis baca, dikisahkan bahwa ada seorang
muballigh dari Cina berceramah di hadapan jama’ah Indonesia. Dia
mengemukakan hadits ini seraya berkomentar: “Bapak-bapak, ibu-ibu,
seharusnya banyak bersyukur karena bapak ibu tidak perlu repot-repot
pergi ke Cina, karena orang Cina-nya sudah datang ke sini.”(!)
Sepanjang
ingatan penulis pula, hadits ini tercantum dalam buku pelajaran
kurikulum Madrasah Tsanawiyah pada masa penulis, entah kalau sekarang.
Akan tetapi, ketika ada seorang kawan menyampaikan hadits ini sewaktu
latihan ceramah, ada seorang ustadz yang menegur: “Untuk apa menuntut
ilmu ke Cina? Ilmu apa yang mau dicari di sana? Ilmu dunia atau agama?”
Yang
patut ditanyakan, apakah hadits yang kondang ini shohih dari Nabi
Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam? Inilah yang akan menjadi pembahasan kita
pada edisi kali ini. Semoga bermanfaat.
Teks Hadits
اطْلُبُوْا الْعِلْمَ وَلَوْ بِالصِّيْنِ
“Carilah ilmu sekalipun di negeri Cina.”
Derajat Hadits
BATIL.
Hadits
di atas diriwayatkan oleh: Ibnu Adi (2/207), Abu Nu’aim (Akhbar
Ashbahan: 2/106), al-Khotib (Tarikh: 9/364 dan ar-Rihlah: 1/2),
al-Baihaqi (al-Madkhol: 241, 324), Ibnu Abdil Barr (Jami’ Bayanil Ilmi:
1/7-8) dari jalan Hasan bin Athiyah (ia berkata):
Menceritakan kepada kami Abu A’tikah Tharif bin Sulaiman dari Anas secara marfu’ (sampai kepada Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam). Mereka semunya menambahkan:
Menceritakan kepada kami Abu A’tikah Tharif bin Sulaiman dari Anas secara marfu’ (sampai kepada Rosululloh Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam). Mereka semunya menambahkan:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.”
Kecacatan hadits ini terletak pada Abu A’tikah. Dia telah disepakati akan kelemahannya. Al-Bukhori Rohimahulloh berkata: “Munkarul hadits.” An-Nasa‘i Rohimahulloh berkata: “Tidak terpercaya.” Abu Hatim Rohimahulloh berkata: “Haditsnya hancur.”
Al-Marwazi
Rohimahulloh bercerita: “Hadits ini pernah disebutkan di sisi Imam
Ahmad, maka beliau mengingkarinya dengan keras. Ibnul Jauzi Rohimahulloh
mencantumkan hadits ini dalam al-Maudhu’at (1/215) dan berkata: Ibnu
Hibban berkata: ‘Hadits batil, tidak ada asalnya.’ Dan disetujui as-Sakhowi.” (al-Maqoshid al-Hasanah hlm. 63)
Kesimpulannya, hadits ini adalah hadits batil dan tidak ada jalan lain yang menguatkannya. (Lihat Silsilah Ahadits adh-Dho’ifah: 416)
Mengkritik Matan Hadits
Syaikh Abdul Aziz bin Baz Rohimahulloh—setelah menjelaskan lemahnya hadits ini—berkata:
“Seandainya
hadits ini shohih maka ia tidaklah menunjukkan tentang keutamaan negeri
Cina dan penduduknya karena maksud hadits ini—kalaulah memang
shohih—adalah anjuran untuk menuntut ilmu sekalipun harus menempuh
perjalanan yang sangat jauh (1).
Alasannya, menuntut ilmu merupakan perkara yang sangat penting karena
ilmu merupakan penyebab kebaikan dunia dan akhirat bagi orang yang
mengamalkannya. Jadi, bukanlah maksud hadits ini adalah negeri Cina itu
sendiri melainkan karena Cina adalah negeri yang jauh dari tanah Arab,
maka Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam menjadikannya sebagai
permisalan. Hal ini sangat jelas bagi orang yang mau memperhatikan
hadits ini.” (at-Tuhfatul Karimah Fi Bayani Ba’dhi Ahadits Maudhu’ah wa
Saqimah hlm. 60)
Tambahannya Shohih?
Adapun tambahan dalam hadits ini dengan lafazh:
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim.”
Tentang
tambahan di atas Syaikh al-Albani Rohimahulloh berkata: “Lafazh ini
diriwayatkan dalam banyak sekali jalur dari Anas Rodhiyallohu ‘anhu
sehingga bisa terangkat ke derajat hasan sebagaimana dikatakan oleh
al-Hafizh al-Mizzi. Saya telah mengumpulkan hingga sekarang sampai
delapan jalur. Selain Anas, hadits juga diriwayatkan dari sejumlah
sahabat lainnya seperti: Ibnu Umar, Abu Sa’id, Ibnu Abbas, Ibnu Mas’ud,
dan Ali. Saya sekarang sedang mengumpulkan jalur-jalur lainnya dan
menelitinya sehingga bisa menghukumi statusnya secara benar baik shohih,
hasan, atau lemah. Setelah itu, saya mempelajarinya dan mampu mencapai
kurang lebih dua puluh jalur dalam kitab Takhrij Musykilah al-Faqr
(48-62) dan saya menyimpulkan bahwa hadits ini derajatnya hasan.” (at-Tuhfatul Karimah Fi Bayani Ba’dhi Ahadits Maudhu’ah wa Saqimah hlm. 60)
Al-Hafizh
as-Suyuthi Rohimahulloh juga telah mengumpulkan jalur-jalur hadits ini
dalam sebuah risalah khusus, Juz Thuruqi Hadits Tholabil Ilmi Faridhotun
’Ala Kulli Muslimin, yang disunting Syaikh Ali bin Hasan al-Halabi dan
dicetak oleh Dar Ammar, Yordania.
Namun, perlu kami ingatkan di sini, bahwa hadits ini memiliki tambahan yang populer padahal tidak ada asalnya yaitu lafazh “dan muslimah”.
طَلَبُ الْعِلْمِ فَرِيْضَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَمُسْلِمَةٍ
“Menuntut ilmu itu wajib bagi setiap muslim dan muslimah.”
Tambahan lafazh وَمُسْلِمَةٍ
tidak ada asalnya dalam kitab-kitab hadits. Syaikh al-Albani
Rohimahulloh berkata: “Hadits ini masyhur pada zaman sekarang dengan
tambahan وَمُسْلِمَةٍ
padahal tidak ada asalnya sedikit pun. Hal ini ditegaskan oleh
al-Hafizh as-Sakhowi. Beliau berkata dalam al-Maqoshid al-Hasanah (hlm.
277):
‘Sebagian penulis telah memasukkan hadits ini dengan tambahan وَمُسْلِمَةٍ padahal tidak disebutkan dalam berbagai jalan hadits sedikit pun.’” (Takhrij Musykilatul Faqr hlm. 48-62)
Walaupun
begitu, makna tambahan ini benar, karena perintah menuntut ilmu
mencakup kaum pria dan wanita. Syaikh Muhammad Rosyid Ridho Rohimahulloh
berkata:
“Hadits menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim juga mencakup wanita dengan kesepakatan ulama Islam, sekalipun tidak ada tambahan lafazh dan muslimah. Akan tetapi, matan-nya adalah shohih dengan kesepakatan ulama.” (Huquq Nisa’ Fil Islam hlm. 18)
“Hadits menuntut ilmu wajib bagi setiap muslim juga mencakup wanita dengan kesepakatan ulama Islam, sekalipun tidak ada tambahan lafazh dan muslimah. Akan tetapi, matan-nya adalah shohih dengan kesepakatan ulama.” (Huquq Nisa’ Fil Islam hlm. 18)
Semoga Alloh merahmati al-Hafizh Ibnul Jauzi tatkala berkata:
“Saya
selalu menganjurkan manusia untuk menuntut ilmu agama karena ilmu
adalah cahaya yang menyinari. Hanya, saya memandang bahwa para wanita
lebih utama dengan anjuran ini dikarenakan jauhnya mereka dari ilmu dan
menguatnya hawa nafsu pada diri mereka.” Lanjutnya: “Wanita adalah
manusia yang dibebani seperti kaum pria, maka wajib atasnya menuntut
ilmu agar dapat menjalankan kewajiban dengan penuh keyakinan.” (Ahkam
Nisa‘ hlm. 8-11)
Sejarah
telah mencatat nama-nama harum para wanita yang menjadi para ulama
dalam bidang agama, al-Qur‘an, hadits, syair, kedokteran, dan
sebagainya. (Lihat kisah-kisah mereka dalam kitab Huquq Mar‘ah kar. Dr.
Nawwal binti Abdulloh hlm. 285-293, ’Inayah Nisa‘ Bil Hadits Nabawi kar.
Syaikh Masyhur Hasan Salman)
Hadits-Hadits Lemah Tentang Ilmu
Tidak
diragukan lagi bahwa menuntut ilmu merupakan suatu keharusan bagi
seorang muslim. Namun, bukanlah hal itu berarti kita menganjurkan mereka
dan memompa semangat mereka dengan hadits-hadits dusta yang disandarkan
kepada Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam yang mulia seperti yang
dilakukan oleh banyak penceramah dan penulis. Misalnya hadits:
اطْلُبُوْا الْعِلْمَ مِنَ الْمَهْدِ إِلَى اللَّحْدِ
“Carilah ilmu sejak bayi hingga ke liang kubur.”
TIDAK ADA ASALNYA. Demikianlah
yang ditegaskan Samahatusy Syaikh Abdul Aziz bin Baz. (Lihat Ahadits
Mardudah kar. Sa’id bin Sholih al-Ghomidi hlm. 12)
Juga:
Juga:
مَنْ
أَرَادَ الدُّنْيَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَ الأَخِرَةَ
فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ، وَمَنْ أَرَادَهُمَا فَعَلَيْهِ بِالْعِلْمِ
“Barang
siapa yang menghendaki dunia maka hendaknya dia berilmu. Dan barang
siapa yang menghendaki akhirat maka hendaknya dia berilmu. Dan barang
siapa yang menghendaki dunia dan akhirat maka hendaknya dia berilmu.”
TIDAK ADA ASALNYA. Yang benar ini adalah ucapan Imam asy-Syafi’i bukan ucapan Nabi Shollallohu ‘Alaihi wa Sallam.
Dan
masih banyak lagi hadits lemah lainnya yang sering dibawakan untuk
menganjurkan manusia agar bersemangat menuntut ilmu (2). Sekali lagi,
kita tidak butuh kepada hadits-hadits lemah. Cukuplah bagi kita
dalil-dalil dari al-Qur‘an, hadits yang shohih, dan ucapan para ulama.
(Lihat kitab Jami’ Bayanil Ilmi wa Fadhlihi kar. Imam Ibnu Abdil Barr
dan Miftah Dar Sa’adah kar. Ibnul Qoyyim al-Jauziyyah)
Penutup
Pembicaraan tentang ilmu panjang sekali. Namun, satu poin penting yang ingin kami tekankan di sini, bahwa banyak para penulis dan penceramah tatkala membawakan dalil-dalil al-Qur‘an dan hadits—baik yang shohih maupun tidak shohih—tentang menuntut ilmu mereka memaksudkannya untuk ilmu dunia. Hal itu adalah suatu kesalahan, karena setiap ilmu yang dipuji oleh dalil-dalil tersebut maksudnya adalah ilmu agama, ilmu tentang al-Qur‘an dan sunnah(3). Kita memang tidak mengingkari ilmu-ilmu dunia seperti kedokteran, arsitektur, pertanian, perekonomian, dan sebagainya tetapi ilmu-ilmu duniawi itu bukanlah yang dimaksudkan dalam dalil-dalil tersebut. Hukumnya (ilmu-ilmu duniawi itu) tergantung pada tujuannya. Apabila ilmu-ilmu duniawi tersebut digunakan dalam ketaatan maka baik, dan bila digunakan dalam kejelekan maka jelek. Perhatikanlah hal ini baik-baik, semoga Alloh menambahkan ilmu bagimu(4) .
Pembicaraan tentang ilmu panjang sekali. Namun, satu poin penting yang ingin kami tekankan di sini, bahwa banyak para penulis dan penceramah tatkala membawakan dalil-dalil al-Qur‘an dan hadits—baik yang shohih maupun tidak shohih—tentang menuntut ilmu mereka memaksudkannya untuk ilmu dunia. Hal itu adalah suatu kesalahan, karena setiap ilmu yang dipuji oleh dalil-dalil tersebut maksudnya adalah ilmu agama, ilmu tentang al-Qur‘an dan sunnah(3). Kita memang tidak mengingkari ilmu-ilmu dunia seperti kedokteran, arsitektur, pertanian, perekonomian, dan sebagainya tetapi ilmu-ilmu duniawi itu bukanlah yang dimaksudkan dalam dalil-dalil tersebut. Hukumnya (ilmu-ilmu duniawi itu) tergantung pada tujuannya. Apabila ilmu-ilmu duniawi tersebut digunakan dalam ketaatan maka baik, dan bila digunakan dalam kejelekan maka jelek. Perhatikanlah hal ini baik-baik, semoga Alloh menambahkan ilmu bagimu(4) .
__________________________________________________
(1) Oleh karenanya, rihlah (melakukan perjalanan jauh) untuk menuntut ilmu adalah kebiasaan para ulama salaf (dahulu) dari kalangan sahabat, tabi’in, dan orang-orang setelah mereka. Bahkan, tak sedikit di antara mereka yang menempuh perjalanan berbulan-bulan hanya untuk mencari satu hadits. Kisah-kisah tentang mereka begitu banyak yang sebagiannya telah dikumpulkan oleh al-Khothib al-Baghdadi dalam kitabnya, ar-Rihlah li Tholib Hadits. Cukuplah sebagai contoh, perjalanan Nabi Musa ‘Alaihissalam untuk menemui Nabi Khidhir ‘Alaihissalam dalam rangka menuntut ilmu yang disebutkan oleh Alloh dalam Surat al-Kahfi. Wallohu A’lam.
(2) Lihat buku karangan penulis, Hadits-Hadits Dho’if Populer, hlm. 53-61 cet. Media Tarbiyah, Bogor.
(3)
Al-Hafizh Ibnu Rojab al-Hanbali Rohimahulloh berkata: “Ilmu yang
bermanfaat adalah mempelajari al-Qur‘an dan sunnah serta memahami makna
kandungan keduanya dengan pemahaman para sahabat, tabi’in, dan tabi’it
tabi’in. Demikian pula dalam masalah hukum halal dan haram, zuhud dan
masalah hati, dan sebagainya.” (Fadhlu Ilmi Salaf ’Ala Ilmi Kholaf hlm.
26). Al-Hafizh Ibnu Hajar al-Asqolani Rohimahulloh berkata: “Maksud ilmu
adalah ilmu syar’i yang mengajarkan pengetahuan tentang kewajiban
seorang hamba dalam ibadah dan mu’amalahnya.” (Fathul Bari: 1/92)
0 komentar:
Posting Komentar