News & Updates

Jumat, 02 Maret 2012

Perbedaan “Unmount”, “Eject”, “Safely Remove Drive”


Safely Remove Drive
Ketika kita berada pada jendela Nautilus dan mengklik-kanan pada USB drive/flash drive (flashdisk) atau harddisk external, akan muncul menu “Eject” dan “Safely Remove Drive”. Mengapa kedua pilihan ini muncul secara bersamaan? Apa perbedaan antara Eject dan Safely Remove Drive?

Selain kedua pilihan tersebut, ada juga menu “Unmount”, yaitu ketika kita kita mengubah menu view pada sidepane Nautilus menjadi Tree.
Unmount Nautilus
Sebenarnya apa saja fungsi dari tiap-tiap menu tersebut? Berikut ini penjelasan singkatnya.
Ketika suatu perangkat USB (drive) terhubung ke sebuah sistem operasi dan filesystem dari drive tersebut dimuat kedalam sistem operasi, berarti drive tersebut dimount. Lokasi atau titik mount dari drive ini biasanya ada didalam /media. Saat drive ini tidak lagi dibutuhkan atau sedang tidak sibuk, maka drive ini boleh di unmount (dengan perintah umount).
Perintah umount membuat aktifitas write dari drive di pending, sehingga kita bisa dengan aman mencabut drive dari komputer. Jika drive di lepaskan tanpa me-umount nya terlebih dahulu maka aktifitas write pada drive ini akan terinterupsi dan kemungkinan data-data didalamnya akan corrupt atau hilang sama sekali.
“Safely Remove Drive” dan “Eject” pada dasarnya hampir sama (pada flash drive) dan menjalankan dua hal; Pertama, me-umount filesystem, kemudian mengeluarkan perintah eject. Pada CD-ROM, DVD-ROM, Blu ray dan lainnya, perintah eject berarti mengeluarkan fisik dari drive tsb.
Singkatnya,
  • Unmout berarti melepaskan drive dari mount point
  • Eject and Safely Remove Drive pada dasarnya hampir sama. Yaitu mensinkronisasikan data dalam drive terlebih dahulu kemudian me-unmount nya (melepaskan drive dari filesystem).
Perbedaan Unmount dan Eject/Safely Remove Drive:
Misalnya, Anda mempunyai sebuah harddisk external dengan 3 buah partisi didalamnya, anggaplah X, Y, dan Z. Me-unmount X berarti melepaskan partisi X dari filesystem, dan partisi yang masih tetap ter-mount. Tapi meng-Safely Remove Drive partisi X berarti me-unmount ketiga partisi tersebut (karena ketiga partisi berada dalam satu drive).

0 komentar:

Posting Komentar