News & Updates

Rabu, 26 Desember 2012

Pengertian dan fungsi Ethernet card

Ethernet

Definisi : Ethernet adalah perangkat fisik teknologi dan data link layer untuk jaringan area lokal (LAN).Ethernet diciptakan oleh insinyur Robert Metcalfe. Pertama kali banyak digunakan pada tahun 1980, Ethernet mendukung kecepatan data teoritis maksimal 10 megabits per detik (Mbps). Kemudian, apa yang disebut “Fast Ethernet” standar laju data meningkat maksimum sampai 100 Mbps. Saat ini, teknologi Gigabit Ethernet lebih meluas dan kinerja puncaknya sampai dengan 1000 Mbps.

Protokol jaringan tingkat tinggi seperti Internet Protocol (IP) menggunakan Ethernet sebagai media transmisi mereka. Data dikirimkan melalui protokol Ethernet di dalam unit yang disebut frame. Panjang kabel Ethernet terbatas pada sekitar 100 meter, namun jaringan Ethernet dapat dengan mudah diperluas untuk menghubungkan seluruh sekolah-sekolah atau bangunan kantor menggunakan jaringan bridge devices.
Kartu Ethernet merupakan salah satu jenis adapter jaringan. Adapter ini mendukung standar Ethernet untuk koneksi jaringan berkecepatan tinggi melalui kabel. Kartu Ethernet kadang-kadang dikenal sebagai kartu antarmuka jaringan (NIC). Kartu Ethernet tersedia dalam beberapa paket-paket standar yang berbeda sesuai faktor bentuk:
  • Tahun-tahun sebelumnya, kartu ISA yang besar adalah standar pertama untuk PC, mengharuskan pengguna untuk membuka casing komputer mereka untuk instalasi.
  • Kartu Ethernet yang lebih baru diinstal di komputer desktop menggunakan standar PCI dan biasanya dipasang oleh pabrik.
  • Kartu Ethernet PCMCIA kecil yang mirip kartu kredit yang tersedia untuk laptop dan komputer mobile lainnya. Mudah disisipkan kedalam slot di samping atau depan laptop. PC Card adalah perangkat PCMCIA, walaupun hanya beberapa PC yang mempunyai dukungan PC Card dan produk Ethernet PCMCIA.
  • Meskipun mereka lebih terlihat seperti kotak kecil dari kartu, eksternal USB Ethernet adapter juga ada. Ini adalah alternatif nyaman untuk kartu PCI untuk komputer desktop dan juga biasa digunakan dengan konsol video game dan perangkat konsumen lainnya yang kurang slot PCMCIA.
Kartu Ethernet dapat beroperasi pada kecepatan jaringan yang berbeda, tergantung pada protokol standar yang mereka dukung. Kartu Ethernet model lama mampu hanya kecepatan maksimum 10 Mbps yang ditawarkan oleh Ethernet awalnya. Adapter Ethernet modern mendukung semua standar 100 Mbps Fast Ethernet dan sekarang menawarkan dukungan Gigabit Ethernet pada 1 Gbps (1000 Mbps).
Sebuah kartu Ethernet tidak secara langsung mendukung jaringan Wi-Fi nirkabel, tapi router rumah network broadband diperlukan untuk memungkinkan perangkat ethernet dihubungkan melalui kabel dan berkomunikasi dengan perangkat Wi-Fi melalui router.

Kelebihan dari ethernet card dibanding dengan wirelles card itu sendiri adalah kecepatan transfer dari ethernet card lebih stabil dan cepat dibanding dengan wirelles card,sedangkan kelamahan dari ethernet card adalah proses instalasinya cukup rumit dan tidak fleksibel.

beberapa gambar dari ethernet card :

17 komentar:

  1. referensi tentang wirelles lan cardnya di upload gan supaya seimbang..!!

    sekali lagi terima kasih atas infonya

    BalasHapus
  2. Baru ngerti nih gan^^ hehhee

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukurlah yang penting sudah mengerti :)

      Hapus
  3. keren informasinya sob
    kunjung balik yahh..!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!!! ;)

    BalasHapus
  4. thank for visit jgn lupa visit back and give coment

    BalasHapus
  5. kita juga punya nih jurnal mengenai Ethernet silahkan dikunjungi dan dibaca , berikut linknya
    http://repository.gunadarma.ac.id/bitstream/123456789/2797/1/Ethernet%20Embeded%20Untuk%20Microcontrollers%20Dengan%20Menggunakan%20Single%20Chip%20Ethernet%20Controler%20CSS900A--A58003.pdf

    BalasHapus